Shampoo untuk rambut rontok [Review of : Makarizo Vorsatz Hairloss treatment system Shampoo]

Halo Maret 2016.

Selamat hari International women’s day.

Untuk seorang perempuan rambut adalah mahkota. Rambut sehat dan tidak bermasalah pastinya keinginan setiap semua perempuan. Pun termasuk saya. Kali ini saya mau bahas tentang rambut dan pengalaman repotnya saya saat pilah-pilih produk perawatan rambut. Dalam hal perawatan rambut saya tidak tau kenapa selalu sulit untuk bisa dapat produk yang bisa cocok dan bisa continue using buat jangka panjang alhasil saya sering banget coba-coba produk perawatan rambut terutama shampoo. Terlebih saat rambut semakin mulai makin gondrong makin banyak permasalahan yang muncul juga.

Beberapa masalah rambut saya umum adalah rontok, tipis, messy, oily di kulit kepala, ujung rambut kering. kadang ujungnya juga bercabang kadang lemes gampang diatur tapi kadang bisa juga jabrik ga jelas. Pokoknya ya type rambut ababil deh. Kadang pun muncul ketombe kalau produk yang saya pakai ga cocok. Kebiasaan saya yang suka pakai hairdryer sehabis keramas tentunya juga bisa jadi faktor penyebab kenapa ujung rambut suka muncul percabangan. Selebihnya, rambut saya masih lumayan oke dan masih hitam legam, karena sampai saat ini saya belum pernah mencoba curly, hairperming, haircoloring, rebonding dan semacamnya. Cuma sebatas curly sendiri atau catok sendiri di rumah dan itu pun tidak sering, semisal ada acara khusus atau kondangan. Memang saya juga kurang suka dan lebih prefer original dan lebih suka creambath dan hairmask saja. Selama masih bisa dilakukan sendiri ya dikerjain sendiri dan saya pun juga jarang banget pergi ke salon.

 

Untitled-1

Nah, dalam hal pilih-pilih shampoo ada banyak produk mass market biasa yang sudah pernah saya coba. Biasanya saya selalu mencoba pastinya yang paling terjangkau kantong dulu lah ya. Makanya sebisa mungkin kita harus pintar dalam pilah pilih shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan kondisi rambut kita. Beberapa merek produk yang pernah saya coba yaitu Pantene Antidandruff, Zinc shampoo, Clear, Sari Ayu Hijab, Garnier Neril, L’oreal total repair shampoo, Selsun Blue (karena saat itu ketombe lagi parah sekali) dan sampoo bayam dari Mustika Ratu saya pun pernah mencobanya. Tapi pada akhirnya memang ya belum cocok satu pun.

Baca beberapa review, ada merek shampoo yang lumayan bikin penasaran dan lumayan hits mungkin untuk para pecinta produk haircare yaitu shampoo kuda, tapi entah kenapa saya kok tidak tertarik-tertarik amat untuk mencobanya. Selain itu botolnya terlalu besar, jadi kalau tidak cocok merasa sayang aja gitu. Yah, walaupun memang isi nya juga lumayan banyak jadi sebanding dengan harganya, but who knows for the quality?

Saat window shopping ke Century minggu lalu saya menemukan shampoo yang kok lumayan sesuai kebutuhan yang memang saat ini masalah terparahnya adalah rontok. Dibandingkan dengan sederet produk lainnya yang saat itu di display, saya tertarik untuk mencobanya.

Untitled-2
Makarizo Vorsatz – Intensive care shampoo 110 ml

Makarizo adalah brand yang cukup lama sudah dikenal dan menurut saya brand ini adalah salah satu kompetitor kuat untuk produk-produk hair care L’oreal. Makarizo diformulasikan oleh Crowne Solution, Sacramento. Produksinya oleh PT Akasha Wira Internasional, perusahaan pembawa beberapa brand personal care dan juga consumer goods. Setau saya produk – produk Nestle pun masih dibawah perusahaan ini.

Series brand Vorsatz terdiri dari 2 line untuk rambut rontok dan rambut berketombe. Makarizo vorsatz hairloss treatment system terdiri dari 3 jenis rangkaian produk yaitu intensive care shampoo, Triple action activator, dan Triple action lotion. Berhubung saya hanya mencoba shampoo dari line produk untuk rambut rontok, maka saya hanya review satu produk saja dari 3 rangkaian ini.

PRODUCT CLAIMS?

Purify, Booster, Nourishing

VORSATZ menghadirkan sistem perawatan rambut rontok yang sudah teruji secara klinis dapat menutrisi folikel dan mencegah kerontokan. Konsentrasi Vorsatz terpusat pada memperpanjang masa Anagen (fase terpanjang kehidupan folikel rambut), memaksimumkan nutrisi pada folikel rambut dan mencegah kerontokan dalam tiga langkah efektif yaitu detoks, booster, dan nourishing.(source)

Dikatakan bahwa shampoo ini adalah untuk DETOKS. Berfungsi membersihkan sisa sebum, debu dan residu yang menghambat, serta membersihkan toksin pada kulit kepala dan rambut.

*well, similar as others products*

INGREDIENTS?

Water, SLS, Lauryl betaine, Hydrolized collagen, PEG-12, Dimethicone, Polyquatermium-47, Hydroxycetyl Hydroxyethyl Dimonium Chloride, Fragrance, Citric acid, DMDM Hydantoin, Iodopropynyl Butylcarbamate

*analysis*

Dalam setiap penulisan ingredients produk kosmetik, skincare atau haircare. Please noted bahwa zat yang ditulis paling awal adalah yang memiliki kandungan paling besar dari sebuah formula dan yang paling kecil kandungannya ditulis paling akhir. Secara ingredients memang tidak ada yang sangat special, kandugan airnya paling besar, kemudian sabun dan kemudian adalah ‘hydrolized collagen’. Hasil analisa saya adalah si kollagen inilah yang diklaim sebagai penutrisi folikel rambut. Memang setelah saya cek beberapa referensi bahwa si Collagen ini adalah protein (asam amino) yang oke untuk pertumbuhan rambut. Secara natural cuticle rambut kita juga mengandung kolagen kok. Fungsi lainnya adalah sebagai emmolient dan hair conditioning. [source , source]. Selain itu isinya similar dengan formulasi produk shampoo lainnya silicone, pewangi, penstabil, humectant. Sebenarnya simplenya perbandingan saya milih produk ini yaitu cuma mikir si collagen seenggaknya bukan konsep karena masih ada diurutan keempat pada formula. :))

PACKAGING AND PRICE?

Di websitenya sendiri Vorsatz ini ada 2 macam ukuran yaitu; kemasan Eco pack yang lebih ekonomis A1 (Intensive Care Shampoo 50 ml & Triple Action Lotion 10ml), serta kemasan regular A2 (Intensive Care Shampoo 110 ml) dan A3 (Triple Action Activator 20 ml & Triple Action Lotion 10 ml). Tapi kemarin saya tidak menemukan kemasan ekonomisnya di Century, bila pun ada pasti saya akan pilih versi ekonomisnya dulu untuk trial.

Kemasan primarynya sendiri adalah sebuah botol dengan shape yang unik, tapi sayangnya tutupnya terlalu besar jadi saat kita tuang harus extra hati-hati biar ga tumpah. Jadi saya akalin, sebelum dipakai, saya tuang ke tutupnya. Jadi 1x pemakaian shampoo adalah sebanyak tutup botolnya. Seandainya botolnya dibuat fliptop seperti kebanyakan shampoo lain saya rasa juga oke oke saja kok. Tapi mungkin memang sengaja packagingnya adalah botol dengan shape seperti itu buat menangkap kesan ‘beda’. Yaa, I’m not sure.

Vorsatz ini juga dikemas dengan unit box/dus selain primary packagingnya. Unit box didesign dengan warna abu dengan logo silver dan ada semacam window clear in front of unit box jadi bisa keliatan deh isi botolnya dari luar, secara overall designnya sendiri it’s just so so, deskripsi produk pada unit box juga sangat general informatif. Penjelasan fungsi lebih detail ada di botolnya dalam versi bahasa Inggris. Notabene, menurut saya kalau dijual tanpa dus seperti shampoo kebanyakan bisa jadi harganya bisa lebih murah deh ya :))

Price : 53.000 IDR/110 ml

VALUE?

Pemakaian saya sampai sekarang masuk dalam minggu kedua. Texture produknya sendiri tidak terlalu kental seperti shampoo kebanyakan, warnanya clear semi liquid tapi tetep kental.First impressionnya adalah wanginya yang saya suka, pas dan tidak menyengat.  Rambut rontok terasa berkurang, apalagi saat menyisir, rambut yang rontok masih sangat wajar hanya satu dan dua helai saja. Padahal tadinya saya paling agak ngeri kalau lagi nyisir, berasa horror banget liat rambut rontok yang over -__-

Memang setelah keramas, rambut tetap berasa agak kering tapi wajar dan saya pun pasti akan pakai serum rambut. Serum rambut favourite saya adalah L’oreal extraordinary oil. Karena saya males pakai conditioner jadi ini adalah andalan saya. Saya juga sudah pernah mencoba beberapa jenis serum seperti Ellips vitamin rambut juga Makarizo honey dew. Tapi sampai saat ini saya paling suka dengan produk extraordinary oil ini. Bener-bener berasa extraordinary. Besok akan coba saya review lebih detail ya. Sebenarnya serum Makarizo honey dew juga oke punya, tapi karena dikemas mirip seperti elips dengan botol ampoule kecil jadi berasa ga praktis.

REPURCHASE AND POINT OF REVIEW?

Apabila habis satu botol dan memang Ok hasilnya, saya pasti akan repurchase product ini.

*4/5 stars*

NOTE?

Pada produk ini dikemasannya juga ada pemberitahuan yang isinya adalah bahwa saat kita menggunakan produk ini kita tidak boleh menggunakan produk lain. Karena disebutkan bisa mengurangi keefektifan kerja produk. Pesan yang ini, saya belum paham 100% sih kandungan apa yang bisa menyebabkan kontradiksi dari kerja produk ini.

Positif :

*Good parfume, ga menyengat *rambut rontok berkurang *Busanya ga over *Ga bikin ketombean

Negatif :

*Lumayan pricey but worthed *Botolnya ribet dan mulut botol terlalu lebar jadi gampang tumpah

 

 

 

Penulis: ulhia.putri

colour my life with the chaos of trouble

12 thoughts on “Shampoo untuk rambut rontok [Review of : Makarizo Vorsatz Hairloss treatment system Shampoo]”

    1. Haloo salam kenal balik dan thanks udh mampir. 😊

      Saya tdk yakin untuk bs claim cocok untuk berhijab atau tdk ya. Analisa saya sih sekedar hanya dr ingredients dan pengalaman saya saja. Dan pls no offense konsep produk untuk berhijab menurut sy adalah konsep marketing. Ya karna ada peluang dr trend kosmetik halal. Contohnya produknya sari ayu yg hijab haircare series. Balik lagi cocok atau tdknya ke individu masing – masing. Semoga dapat membantu 😊

    1. Halo mba sulis… thank you udah mampir dan baca disini. Waktu itu aku habis 2 botol dan berkurang kerontokannya… tp kemudian ga lanjut karna ketomben mbaa akhirnya aku cocok pake treseme skrg… walaupun rontok tp wajar rontoknya mba dan sampai skrg ga ketombean mba…

Tinggalkan Balasan

